Program Studi PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki visi Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan perencanaan, penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran anak usia dini yang inklusif dan inovatif berbasis keragaman budaya lokal dan berkarakter santri. Untuk mencapai visi tersebut tentunya aspek kemahasiswaan sangat penting untuk diperhatikan. Aspek kemahasiswaan ini meliputi input calon mahasiswa dan pelayanan serta pengembangan mahasiswa. Seperti yang kita ketahui, untuk menghasilkan output yang berkualitas, tidak cukup hanya mengandalkan proses pembelajaran, kualitas input calon mahasiswa pun perlu diperhatikan. Selain meningkatkan kualitas secara akademik, kualitas non akademik juga sangat penting untuk mahasiswa seperti soft skill dan karakter. Mengingat mahasiswa merupakan aset nasional dan sumber daya insani yang strategis maka perlu diberi peluang dan kesempatan seluas-luasnya untuk mengaktualisasikan diri secara utuh dan bertanggung jawab. Hal inilah yang harus difasilitasi oleh fakultas melalui layanan-layanan kemahasiswaan, yang meliputi bidang minat, bakat, penalaran, kesejahteraan dan keprofesian. Untuk menjamin terkontrolnya kualitas input dan ketersediaan layanan mahasiswa seperti yang disampaikan di atas, dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang tertuang dalam Permendikbud No 3 Tahun 2020 (sebelumnya Permenristekdikti No 44 Tahun 2015), maka Program Studi PGPAUD Universitas Hamzanwadi wajib untuk memiliki dan menetapkan Standar Kemahasiswaan untuk meningkatkan mutu kemahasiswaan dan alumni. Sebagai bentuk pelaksanaan dari standar kemahasiswaan maka ditetapkan strategi pencapaian standar kemahasiswaan yang secara umum tertuang dalam Renstra. Dengan penetapan strategi pencapaian ini diharapkan standar kemahasiswaan yang telah ditetapkan dapat tercapai bahkan terlampaui secara bertahap dan berkelanjutan. Berikut bentuk pelayanan kemahasiswaan yang disediakan oleh Program Studi PGPAUD FIP Universitas hamzanwadi antara lain: