CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) PROGRAM SARJANA PG-PAUD (PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)

A. PROFIL LULUSAN

1. Tenaga Pendidik; Paud yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan, berkarakter, inovatif,  religious dan memiliki wawasan luas yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di paud.

2. Peneliti; Menguasai dan mampu menerapkan konsep teoritis bidang penelitian pendidikan untuk memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di paud

3. Praktisi Pendidikan; Paud yang berperan sebagai konselor, pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dansumber belajar, pengembang materi serta pendidik di jalur formal dan non formal.

4. Enterpreneur; Sebagai pengusaha di bidang Pendidikan usia dini terutama dalam pembuatan APE, Referensi pembelajaran PAUD, dan lain-lainnya

 

 B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
  12. Menunjukkan sikap sabar dan kasih sayang dalam mendidik anak usia dini

 

 Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Aspek Keterampilan Khusus

  1. Menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa..
  2. Mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini
  3. Mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif serta berimajinasi dengan gerakan, musik, drama seni rupa
  4. Mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD
  5. Menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat.
  6. Merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD
  7. Melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif
  8. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif
  9. Melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat, orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya
  10. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
  11. Menerapkan nilai dan budaya kesantrian yang diajarkan oleh lembaga baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional
  12. Menerapkan kemampuan emosional dan spiritual dalam mendidik anak usia dini baik yang tidak maupun yang dengan kebutuhan khusus dalam pengelolaan PAUD
  13. Mengembangkan semangat kewirausahaan dalam pengembangan pendidikan anak usia dini

 

Aspek Pengetahuan

  1. Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antopologis, psikologis, sosilogis, dan pedagogik PAUD
  2. Menguasai perkembangan dan belajar anak usia dini.
  3. Menguasai konsep hidup sehat, prinsip-prinsip dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini
  4. Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAUD serta pendekatan-pendekatan yang dapat mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini.
  5. Menguasai pembelajaran anak usia dini.
  6. Menguasai kurikulum PAUD
  7. Menguasai asesmen perkembangan anak usia dini dan evaluasi program pembelajaran di lembaga PAUD.
  8. Menguasai konsep pengembangan profesionalisme
  9. Menguasai pengelolaan penyelenggaraan PAUD
  10. Menguasai konsep dan prinsip berkomunikasi pada anak, orang tua dan rekan sejawat