VISI KEILMUAN

PROGRAM STUDI PG PAUD

Menghasilkan lulusan yang unggul dalam  perencanaan, penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran anak usia dini yang inklusif dan inovatif berbasis keragaman budaya lokal dan berkarakter santri.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI PGPAUD

  1. Menghasilkan sarjana PG PAUD yang berkarakter santri dan memiliki kompetensi dan  integritas yang tinggi pada pemdidikan dan pengajaran anak usia dini yang inklusif;
  2. Menghasilkan lulusan yang inovatif dalam pengembangan pembelajaran, bahan ajar maupun media pembelajaran untuk anak usia dini yang inklusif;
  3. Memiliki kajian-kajian ilmu pengetahuan, teknologi, iman-taqwa (IMTAQ) secara proporsional dalam bentuk penelitian-penelitian ilmiah yang terpublikasi pada tingkat lokal, nasional maupun internasional;
  4. Menjadi pusat kegiatan maupun pelaksana kegiatan applied science untuk mengatasi permaslahan-permasalahan pendidikan anak usia dini di masyarakat;
  5. Terbentuknya kerja sama yang saling menguntungkan baik dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) maupun kegiatan-kegiatan dengan pihak eksternal dalam skup lokal, nasional maupun internasional dalam rangka meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi di Prodi PG PAUD dan dalam rangka mendalami kebudayaan-kebudayaan lokal untuk diintegrasi dalam pembelajran anak usia dini.

 

Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi, yaitu:

  1. Guru Paud yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan, berkarakter, inovatif, religious dan memiliki wawasan luas yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di paud;
  2. Peneliti yang menguasai dan mampu menerapkan konsep teoritis bidang penelitian pendidikan untuk memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di paud;
  3. Praktisi pendidikan AUD yang berperan sebagai konselor, pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dansumber belajar, pengembang materi serta pendidik di jalur formal dan non formal;
  4. Sebagai Enterpreneur atau pengusaha di bidang Pendidikan usia dini terutama dalam pembuatan APE, Referensi pembelajaran PAUD, dan lain-lainnya